Oleh: beb7n | Oktober 25, 2012

PENELITIAN TINDAKAN KELAS

MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA KELAS VII
DALAM AKTIVITAS BERBICARA BAHASA INGGRIS
DI SMP NEGERI 2 CIMANGGU
Disusun Oleh:
Firman Bebyn Hidayat, S.Pd
(NIP. 19731127 199903 1 008)

ABSTRAK
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam aktivitas berbicara bahasa inggris melalui permainan kartu kwartet di SMP Negeri 2 Cimanggu pada Tahun Pelajaran 2011/2012. Permainan kartu kwartet adalah sebuah permainan yang terdiri dari satu set kartu yang berisi gambar dan informasi berkaitan dengan gambar tersebut. Subyek PTK ini adalah siswa kelas VII A yang sengaja dipilih untuk penelitian ini karena memiliki lebih banyak permasalahan dalam aktivitas berbicara bahasa inggris dibandingkan kelas yang lain. Menyadari hal itu maka penulis mencoba untuk memecahkan permasalahan tersebut dengan mengimplementasikan permainan kartu kwartet dalam aktivitas berbicara bahasa inggris di kelas.
PTK ini terdiri atas dua siklus dimana setiap siklus tersiri dari empat tahapan, meliputi: perencanaan tindakan, implementasi tindakan, pengamatan dan monitoring kelas, dan refleksi tindakan. Data pendukungnya diperoleh dari wawancara, observasi dan kuesioner. Pengamatan dilakukan oleh pengamat dan peneliti. Lembar observasi berbentuk checklist dan digunakan untuk mengevaluasi keterlibatan dan partisipasi siswa. Keterlibatan dan partisipasi siswa mencakup empat indicator, yaitu: (1) siswa membuat pertanyaan yang berterima berdasarkan petunjuk pada kartu kwartet, (2) siswa member jawaban yang berterima berdasarkan pertanyaan temannya, (3) siswa terlibat secara aktif dalam permainan, dan (4) siswa menggunakan bahasa inggris secara aktif dalam malkukan permainan.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Penggunaan permainan kartu kwartet dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam aktivitas berbicara bahasa inggris di kelas VII A SMP negeri 2 Cimanggu Tahun Pelajaran 2011/2012. Berdasarkan hasil pengamatan ditemukan bahwa jumlah siswa yang terlibat aktif dalam aktivitas berbicara bahasa inggris meningkat dari 66,25% pada siklus pertama menjadi 87,00% pada siklus kedua. Hasil tersebut mencapai persyaratan standar yang ditentukan dalam penelitian ini, (2) Penggunaan permainan kartu kwartet dapat meningkatkan jumlah siswa yang menggunakanbahasa inggris secara aktif dalam aktivitas berbicaraa dari 56% pada siklus pertama menjadi 81% pada siklus kedua, (3) 100% siswa mengatakan bahwa permainan kartu kwartet dapat meningkatkan partisipasi mereka dalam aktivitas berbicara bahasa inggris karena permainan itu membuat mereka dapat mengungkapkan gagasan mereka dan mendorong mereka menjadi berani berbicara dalam bahasa inggris.
.
Kata kunci: partitipasi siswa, aktivitas berbicara bahasa ingggris, permainan kartu kwartet.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: